• Galeri Foto
  • Galeri Foto
  • Galeri Foto

Hadiri Apel Gelar Pasukan, Danrem 043/Gatam Siap Dukung Operasi Ketupat Krakatau 2024

E-mail Cetak PDF
Penrem 043/Gatam

Lampung - Bertempat di Polda Lampung Jl. Terusan Ryacudu Way Hui Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan, Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E., Rabu (3/4/2024) menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Krakatau 2024, dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dalam amanatnya yang dibacakan Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika, S.H., S.I.K., M.Si., mengatakan bahwa apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

“ Berdasarkan survei Kemenhub RI tahun 2024, diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4% dibandingkan tahun 2023, berkaitan hal tersebut Presiden Joko Widodo menekankan bahwa arus mudik tahun ini adalah arus mudik yang akan sangat besar sekali, kenaikannya sampai 56% dibandingkan tahun lalu.“

“Untuk menjawab tantangan ini, TNI-Polri Bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 s.d 16 April 2024,” jelasnya.

Lebih lanjut Kapolri juga menyampaikan, terkait penggunaan jalan tol dan jalur arteri, berikan kesiapan infrastruktur dan moda transportasi yang akan digunakan oleh masyarakat, minimalisir kerawanan, laksanakan sinergi dan kolaborasi satgas pusat dan satgas daerah harus berjalan optimal.

“Berikan rasa aman dan nyaman masyarakat, ingat sinergitas seluruh stakeholder terkait merupakan kunci utama untuk mengulangi keberhasilan pengamanan Hari raya Idul Fitri sebelumnya,“ tegasnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E., juga menyampaikan dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1445 H tahun ini, peran TNI bersama Polri sangat penting untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. 

“Kita harus bekerja sama dengan semua pihak, untuk mencegah potensi gangguan keamanan, Korem 043/Gatam beserta seluruh Jajarannya yang berada di wilayah Provinsi Lampung, siap mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Operasi Ketupat Krakatau 2024 dengan optimal.“

“Selanjutnya, saya juga mengajak seluruh prajurit Korem 043/Gatam dan Jajaran, untuk melaksanakan tugas ini dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab serta dedikasi yang tinggi, dengan memprioritaskan semangat profesionalisme dalam menjaga keamanan serta kenyamanan Masyarakat,” ujar Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E

You are here: Norma Delapan Wajib TNI