• Galeri Foto
  • Galeri Foto
  • Galeri Foto

Peringati Hari Lahir Pancasila Kasrem 043/Gatam Sampaikan Amanat Panglima TNI

E-mail Cetak PDF
Penrem 043/Gatam

Lampung - Bertempat di lapangan upacara makorem 0432/Gatam Jl, Teuku Umar Penengahan Bandar Lampung, Prajurit dan PNS Korem 043/Gatam beserta Jajaran, mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023. Kamis (1/6/2023).

Upacara peringatan hari lahir pancasila dipimpin Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf Prasetyo sebagai Inspektur upacara (Irup), sedangkan Komandan Upacara adalah Kapten Cpm Kurinci (Dansatlakidik Denpom II/3 Lampung). 

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M, dalam amanatnya yang dibacakan Kasrem 043/Gatam menyampaikan, Pancasila merupakan dasar negara serta landasan ideologi bagi Bangsa Indonesia, pancasila diperkenalkan oleh soekarno pada 1 juni 1945, para Founding Fathers menyetujui pancasila sebagai dasar negara yang sah dan dicantumkan dalam Pembukaan UUD 1945.

“ Peringatan hari lahir Pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia, sebagai Prajurit TNI, kita harus meyakini bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang harus kita jaga sampai titik darah penghabisan, “

“ Berkat Pancasila yang memiliki nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada di Nusantara telah dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika, “ jelas Panglima TNI.

Lebih lanjut dalam amanatnya Panglima TNI menegaskan, Tema peringatan hari lahir Pancasila kali ini juga sangat relevan dengan tantangan dan situasi yang sedang dihadapi oleh segenap Bangsa Indonesia yakni "Gotong Royong Membangun Peradaban Dan Pertumbuhan Global." 

“ Tema ini merupakan pengingat bagi kita semua betapa pentingnya semangat gotong royong untuk memajukan bangsa. Sejarah telah mencatat dan membuktikan bahwa seluruh permasalahan yang dihadapi oleh bangsa dapat kita hadapi dan selesaikan jika segenap komponen bangsa saling bergotong-royong dan bersatu padu, “ tegas Panglima TNI.

Diakhir amanatnya Panglima TNI menyampaikan beberapa penekanan kepada para prajurit untuk selalu menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila Berikut beberapa penekanan yang harus di pedomani dan laksanakan :

Pertama, TNI adalah garda terdepan dan benteng terakhir NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pegang teguh sumpah dan janji kalian untuk selalu setia kepada NKRI. Jangan terpengaruh dengan upaya memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,
Terlebih saat ini tahapan Pemilihan Umum serentak telah dimulai, untuk itu saya perintahkan
kalian semua untuk tetap menjaga netralitas TNI.

Kedua, jadilah perekat dan pemersatu bangsa dengan upaya nyata di lapangan. Tonjolkan
persamaan dan kesampingkan perbedaan dalam kehidupan kita sehari-hari baik dalam kedinasan maupun ketika kita berbaur dengan masyarakat.

Ketiga, jaga terus sinergitas TNI dengan Polri, Kementerian, serta Lembaga lainnya. Sadari bahwa kita adalah bagian dari sistem yang saling membutuhkan, sehingga diperlukan semangat untuk bekerjasama, bersinergi dan bergotong-royong dalam upaya memajukan bangsa.

Turut hadir mengikuti upacara peringatan hari Lahir Pancasila, Kasirenprogar Korem 043/Gatam Kolonel Inf. Bambang Semiana, Para Kasi Kasrem 043/Gatam, Dan Kasatdisjan Jajaran Korem 043/Gatam, Para Pasi Korem 043/Gatam dan Kabalak Korem 043/Gatam.

You are here: Home