• Galeri Foto
  • Galeri Foto
  • Galeri Foto

KASI LOGI KOREM 043/GATAM BUKA KEGIATAN ASISTENSI PENATAUSAHAAN DAN APLIKASI SIMAK BMN KEMKEU RI TW. III TA. 2018

E-mail Cetak PDF
Penrem 043/Gatam. 

     Bandar Lampung, Kepala Seksi Logistik Korem 043/Gatam, Letnan Kolonel Inf CH. Prabowo, mewakili Komandan Korem 043/Gatam Kolonel Kav Erwin Djatniko, S.Sos, membuka secara resmi kegiatan Asistensi Penatausahaan Dan Aplikasi Simak BMN Kemkeu RI TW. III Ta. 2018, selasa (14/08) pkl.09.00 wib, yang akan berlangsung dari tanggal 14 s/d 15 Agustus 2018, bertempat di Aula A. Yani Makorem 043/Gatam, Jl, Teuku Umar Bandar Lampung. 

     Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN) dilaksanakan oleh seluruh Satuan Kerja (Satker) menjadi salah satu pedoman dalam penetapan berbagai prosedur administrasi penatausahaan menyangkut penghapusan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian yang berlaku di instansi Kementerian  Keuangan  termasuk di lingkungan  TNI  AD.  
Data-data yang disajikan dalam aplikasi penatausahaan dan SIMAK BMN tersebut akan  berpengaruh langsung dengan kualitas laporan pembukuan, inventarisasi dan pelaporan BMN satuan dapat lebih baik, valid dan aktual sehingga akan  menjamin kelancaran dan ketertiban pertanggungjawaban dalam pelaksanaan SIMAK-BMN.  

     Sebelum menyampaikan sambutan nya Danrem 043/Gatam, yang dibacakan Kasi Log Korem 043/Gatam, mengucapkan selamat datang kepada Tim Asistensi   Penatausahaan dan Aplikasi SIMAK BMN dari  Mabesad  Letnan Kolonel CBA Hamdi Wibowo  beserta  anggotanya dan kepada  para  perwakilan satuan  Jajaran Kodam II/Swj, khususnya   dari Korem  041/Gamas di Makorem 043/Gatam.
Lebih lanjut Danrem menyampaikan, “ Penatausahaan dan aplikasi SIMAK-BMN Kemkeu RI merupakan bagian penting dan krusial yang tidak bisa dipisahkan dalam mengelola  anggaran  dan menggunakan barang  yang  semuanya  bersumber dari APBN.  Untuk  menghindari  adanya kesalahan prosedur administrasi tersebut, maka perlu dukungan dan  partisipasi  serta  peran  aktif  dari seluruh pimpinan satuan dan dinas jawatan yaitu dengan melaporkan secara akurat  tentang  Pembukuan, Inventarisasi  dan  Pelaporan  BMN  satuan, “.

     Selanjutnya, “ Para peserta patutlah bersyukur, karena kegiatan yang diselenggarakan merupakan wujud perhatian dari pimpinan TNI  AD  kepada satuan   jajaran Kodam II/Sriwijaya, SIMAK BMN merupakan bagian dari modernisasi  administrasi TNI AD dalam rangka menuju ke arah profesionalisme prajurit yang  efektif, evisien, modern, transparan dan akuntable, untuk itu, saya berharap kepada       para pejabat pelaksana di satuan dapat memanfaatkan kegiatan Asistensi ini dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab, jika ada hal-hal yang  belum jelas agar ditanyakan langsung kepada Tim Asistensi sehingga materi yang disampaikan dapat dimengerti serta dipahami untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas, sesuai dengan mekanisme dan administrasi yang berlaku   dilingkungan TNI  AD serta  terhindar dari kesalahan fatal  yang  dapat  merugikan negara “.

     Pada sambutan pembukanya Ketua Tim Asistensi Penatausahaan dan Aplikasi SIMAK BMN dari  Mabesad  Letnan Kolonel CBA Hamdi Wibowo, membacakan sambutan dari Aslog Kasad Brigjen TNI Jani Iswanto, M.A, menyampaikan, “ Laporan Keuangan TNI AD merupakan wujud pertanggungjawaban keuangan atas pelaksanaan anggran serta Aset Negara yang menjadi tanggung jawab TNI AD sebagai mana telah diatur dalam Peraturan Menteri Pertahanan RI Nomor 4 tahun 2016 tenmtang sistem Akuntansi Instansi dan Pelaporan Keuangan di lingkungan Kemhan dan TNI, dimana Angkatan Darat wajib membuat dan mengirimkan laporan keuangan tingkat Eselon I kepada Kementerian Pertahanan RI. Untuk mewujudkan Laporan Keuangan yang Transparan, Akuntabel, dan dapat di Prertanggungjawabkan, perlu didukung dengan neraca Laporan BMN yang akurat dan Valid yang dihasilkan dari Aplikasiu SIMAK BMN, “.

     Lebih lanjut Aslog Kasad menyampaikan, “ Pada Konteks ini Neraca BMN TNI AD yang dihasilkan dari aplikasi SIMAK BMN mempunyai Kontribusi yang sangat besar atas kualitas Laporan Keuangan Kemhan RI, yang akan dinilai oleh BPK RI untuk mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) “.

     Hadir pada kegiatan Asistensi Penatausahaan Dan Aplikasi Simak BMN Kemkeu RI TW. III Ta. 2018, Kasi Log Korem  041/Gamas Letkol Inf. Andi Anas, S.E,  Pasi Log Korem 043/Gatam, Para Pasi Log Jajaran Korem 043/Gatam, para Operator SIMAK BMN Jajaran Korem 043/Gatam dan para Operator SIMAK BMN Jajaran Korem 041/Gamas.


You are here: Satuan Kodim Kodim 0422/LB