• Galeri Foto
  • Galeri Foto
  • Galeri Foto

PENYAMBUTAN SATGAS YONIF 143/TWEJ KEMBALI TUGAS OPS PAMTAS DI WILAYAH KALIMANTAN TIMUR

E-mail Cetak PDF
Penrem 043/Gatam.
      Kepala Staf Korem 043/Gatam, Letnan Kolonel Arm SDM Tampubolon sebagai IRUP pada Upacara Penyambutan Satgas Yonif 143/TWEJ yang kembali tugas ops Pamtas di wilayah Kalimantan Timur, pada hari Jum'at (10/1) di Lapangan Upacara Makorem 043/Gatam. 

     Mengawali dalam Amanat Komandan Korem 043/Gatam yang dibacakan oleh Kepala Staf menyampaikan ucapkan  “ Selamat “ kepada prajurit Yonif 143/Tri Wira Eka Jaya yang tergabung dalam Satgas Operasi   Pamtas Yonif  141/AYJP, karena selama lebih kurang 8 bulan,  kalian  telah  selesai  melaksanakan tugas  operasi  mengamankan  wilayah perbatasan  RI - Malaysia di Kalimantan Timur. Tugas yang diembankan oleh  negara kepada kalian, merupakan tugas mulia dan berat, karena di wilayah perbatasan   Kalimantan  Timur  ditemukan banyak permasalahan yang sangat menonjol,   terutama  aktivitas berbagai kegiatan   illegal   seperti  permasalahan  perambahan hutan, tambang illegal, pelintas batas, human trafficking dan tindakan kriminal seperti penyelundupan Narkoba, dengan memanfaatkan berbagai celah  yang  ada  di wilayah  perbatasan.

    Selanjutnya, harus disadari bersama bahwa dalam kehidupan militer, tugas operasi dimaknai sebagai suatu kebanggaan    dan  kehormatan.   Oleh  karena  itu, personel  yang  tergabung   dalam   Satgas Operasi harus disiplin, memiliki semangat pengabdian dan rela berkorban tanpa pamrih.   Dalam  menghadapi  tugas ini, kewajiban kita sebagai prajurit tidak lain  adalah melaksanakan tugas yang diembankan tersebut  dengan penuh semangat, dedikasi, disiplin dan rasa tanggung jawab yang inggi.  

    Dengan berbekal kemampuan dan keterampilan  serta pengabdian yang  tulus sebagai prajurit profesional, kepercayaan dan kehormatan yang diberikan pimpinan tersebut, saya yakin akan dapat  dilaksanakan   dengan sebaik-baiknya.Dengan berkenaan purna tugas operasi ini, kepada prajurit Yonif 143/Tri Wira Eka Jaya  jadikan  sebagai  motivasi untuk terus menempa diri menjadi  prajurit profesional yang berdisiplin, karena hanya dengan profesionalisme yang ditopang oleh kedisiplinan, dedikasi dan semangat juang serta  kemampuan profesional yang tinggi, maka kehormatan sebagai prajurit yang selalu berhasil  dalam setiap penugasan akan dapat diraih.

     Selanjutnya,  dengan telah kembalinya kalian ke pangkalan, segera menyesuaikan diri dengan kondisi satuan dan lingkungan serta   tidak  larut  dalam  kegembiraan yang berlebihan,  karena  hal ini akan berdampak  negatif  terhadap perilaku kalian sebagai prajurit. Segera lakukan konsolidasi dan inventarisasi baik personel maupun materiil, buat laporan secara  lengkap, akurat dan benar, terutama munisi, bahan peledak dan senjata, sehingga semua alat peralatan satuan dapat dipertanggungjawabkan penggunaannya.

      Laksanakan kegiatan Harcegah terhadap alat peralatan dengan baik sebelum penggudangan, sehingga peralatan tersebut  tetap   dalam  kondisi  siap  pakai dan dapat digunakan pada penugasan di  masa  yang  akan  datang. Selamat kembali ke home base  dan  kembali  berkumpul  dengan  keluarga kalian. Mudah - mudahan semua  pengorbanan dan Darma Bhakti yang  telah kalian lakukan, diterima dan dicatat sebagai amal shaleh oleh Tuhan  Yang  Maha Kuasa.

     Pada kesempatan yang baik ini, pula dilaksanakan acara  tradisi satuan bagi prajurit  yang baru masuk  satuan. Tradisi Satuan merupakan tradisi yang lazim dilaksanakan  dan mempunyai makna yang sangat   penting  bagi prajurit  yang akan pindah dan masuk satuan   baru, dengan dilaksanakan secara  formal dalam bentuk Upacara atau Acara Tradisi Satuan. Sehingga dengan  adanya  Acara  Tradisi Satuan ini, akan timbul rasa kebanggaan dan kecintaan prajurit terhadap satuan lama atau satuan baru serta dapat  mengenang hal-hal yang baik selama bertugas  di satuannya.Untuk itu, saya berharap dengan kehadiran  saudara di satuan Korem 043/Gatam ini  dapat  memberi arti  dan warna  yang lebih  baik  untuk memajukan dan  mengharumkan  nama  baik  Korem  043/Gatam.


     Kembangkan kreativitas dan inovatif  saudara  dalam membangun satuan Korem 043/Gatam untuk menjadi lebih baik dan maju dalam segala  bidang. Sebelum  mengakhiri  amanat  ini, sekali  lagi  saya  ucapkan selamat  datang  kepada  prajurit  Yonif 143/Tri Wira Eka Jaya yang telah selesai melaksanakan tugas operasi dan kepada para  prajurit  yang  baru  masuk satuan, saya ucapkan selamat  berkarya  di Satuan Korem 043/Gatam. Adapun dalam Upacara juga dilaksanakan Acara Tradisi Satuan bagi Prajurit yang Baru Masuk satuan. Turut hadir dalam upacara, Para Kasi Korem 043/Gatam, Dandim 0410/KBL, Dan/Ka Satdisjan Jajaran Korem 043/Gatam serta seluruh Perwira Korem 043/Gatam.

     Selesai Upacara Komandan Korem 043/Gatam memberikan pengarahan  kepada seluruh para prajurit Satgas dan anggota yang baru masuk agar segera mengiventarisir personel dan materiil bagi anggota pulang tugas ops, jaga disiplin satuan dan jaga nama baik satuan bagi personel yang baru masuk satuan.


You are here: Home