• Galeri Foto
  • Galeri Foto
  • Galeri Foto

UPACARA SERAH TERIMA JABATAN KOMANDAN KODIM 0422/LB

E-mail Cetak PDF
    Pergantian pejabat kembali dilaksanakan di lingkungan Jajaran Korem 043/Gatam pada hari Kamis, tanggal 19 Desember 2013, pukul 09.00 WIB di Aula A. Yani Makorem 043/Gatam dari pejabat lama, Letnan Kolonel Inf Sugiyono kepada Letnan Kolonel Inf Slamet Riadi. Sebagai IRUP pada Upacara Serah Terima Jabatan Dandim 0422/LB oleh Kepala Staf Korem 043/Gatam, Letnan Kolonel Arm SDM. Tampubolon mewakili Komandan Korem 043/Gatam dengan dihadiri oleh Para Dandim Jajaran Korem 043/Gatam, Para Dan / Ka Satdisjan Jajaran Korem 043/Gatam, Para Kepala Seksi, Para Kepala Balaks, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 043/Gatam dan pengurus, serta para perwira, perwakilan Bintara, Tamtama dan PNS Jajaran Korem 043/Gatam.

    Dalam amanat Komandan Korem 043/Gatam yang disampaikan oleh Kepala Staf, Beliau menyampaikan Serah terima jabatan merupakan siklus alamiah dari sistem organisasi modern  dan  bisa  terjadi setiap saat. Proses pergantian kepemimpinan ini merupakan bagian penting dalam sistem pembinaan organisasi dan pembinaan personel serta pembinaan karier perwira.

   Dengan demikian alih tugas jabatan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja Satuan Kodim 0422/Lampung Barat  dan  jajarannya  lebih baik  dari  kinerja  sebelumnya. Prosesi serah terima jabatan menjadi moment penting dalam pengembangan karier perwira   dengan   beban  tugas  dan  tanggung jawab yang lebih besar dan variatif  bagi perwira yang melaksanakan serah terima  jabatan tersebut. hal yang sangat esensial bahwa  alih tugas jabatan seorang Komandan Kodim hendaknya dimaknai sebagai suatu amanah yang harus dapat dipertanggungjawabkan, sekaligus sebagai peluang untuk menghasilkan karya pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan  negara.    

     Untuk itu, perlu dihayati benar bahwa semakin tinggi jabatan yang diemban,  maka semakin besar pula  resiko dan    tanggung  jawab    yang   harus   dipikul   oleh seorang perwira, yang mana semua itu  sangat memerlukan pengorbanan baik  waktu, pikiran maupun tenaga dari pejabat   Komandan  Kodim  yang  baru. Satuan Kodim 0422/Lampung Barat sebagai  salah  satu  sub kompartemen  strategis dalam  jajaran  Korem  043/Gatam  yang   berada  di  wilayah  Kabupaten  Lampung Barat, keberadaannya   memiliki  tugas  dan  peran  penting   dalam    rangka    mendukung tugas   pokok   Korem  043/Gatam   terutama  untuk   mewujudkan   pertahanan  wilayah,  Khususnya    di Kabupaten   Lampung  Barat.

    Selanjutnya, dengan kondisi Kabupaten Lampung Barat yang cukup luas   wilayahnya  dan  posisinya  sebagai  Kabupaten penyangga Provinsi Lampung,  tentunya sangat erat kaitannya dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh Kodim 0422/Lampung Barat, dengan berbagai sarat dinamika kehidupan yang sangat kompleks  di masyarakat.

    Tentunya, posisi yang sedemikian mempunyai  konsekuensi logis bahwa tantangan tugas  yang dihadapi juga semakin  besar, seiring  dengan perkembangan situasi yang terjadi di wilayah Kabupaten Lampung Barat khususnya, Provinsi Lampung pada umumnya. Begitu juga setiap terjadi gejolak sosial dan perubahan kondisi wilayah di masyarakat, tentunya akan mudah berpengaruh ke kabupaten lain  di wilayah  Provinsi Lampung.

    Dengan mencermati kondisi kewilayahan yang demikian kompleks,  maka   setiap  aparat   di wilayah  ini  harus  lebih  tajam melihat dan menangkap fenomena yang   terjadi baik perubahan yang berdimensi geografis, demografis   maupun  kondisi  sosial yang dapat menjadi potensi timbulnya gejolak yang dapat mengganggu kepentingan  pertahanan  wilayah di daerah. Sehingga demikian, upaya pembinaan kewilayahan yang menjadi tugas pokok Kodim 0422/Lampung Barat dan jajarannya harus dilakukan melalui pendekatan yang lebih terarah dan terpadu, baik melalui pendekatan di bidang agama,   budaya  dan   kemasyarakatan.  

   Hal  ini  berarti, bahwa pembinaan kewilayahan hendaknya harus difokuskan pada terciptanya keterpaduan hubungan antara aparat di  daerah, baik aparat  Pemerintah  Daerah, Kepolisian  maupun  instansi lain serta  segenap elemen masyarakat dalam rangka membangun kesadaran bermasyarakat, berbangsa dan bernegara bagi warga masyarakat Kabupaten Lampung Barat. Tantangan tugas yang sedemikian, kiranya tidak sulit untuk dilaksanakan oleh prajurit  jajaran Kodim 0422/Lampung Barat,  mengingat selama ini keberadaannya, telah   diterima  oleh   masyarakat  dengan   melalui berbagai aktivitas yang konstruktif   dan bermanfaat  untuk  kepentingan  masyarakat wilayah Kabupaten Lampung Barat. 

   Selanjutnya, berkenaan dengan serah terima  jabatan  ini,  kepada Kolonel Inf. Sugiono, saya selaku Komandan Korem 043/Gatam dan pribadi menyampaikan ucapkan terima kasih dan penghargaan   atas dedikasinya dalam melaksanakan tugas jabatan sebagai Komandan Kodim 0422/Lampung  Barat.  Ucapan terima kasih, juga saya sampaikan pula kepada 
Ibu   Inge  Sugiyono,  atas  kesetiaannya mendampingi suami selama menjabat Komandan Kodim 0422/Lampung Barat, khususnya  dalam  membina  organisasi  Persit Cabang Kartika Chandra Kirana  Kodim 0422/Lampung Barat.Kepada pejabat baru Letnan  Kolonel  Inf Slamet Riadi, saya ucapkan   selamat datang dan selamat bertugas,  atas pengangkatan dan  kepercayaan pimpinan menjadi Komandan Kodim 0422/Lampung Barat yang  baru.

    Pelihara dan kembangkan berbagai inovasi dan kreasi, guna meraih prestasi tugas  satuan  Kodim  0422/Lampung  Barat  yang lebih baik  dan  bermanfaat   bagi  kepentingan  masyarakat,  bangsa  dan  negara, demikian yang disampaikan oleh Danrem 043/Gatam.

You are here: Home