• Galeri Foto
  • Galeri Foto
  • Galeri Foto

KUNJUNGAN KERJA ASOPS PANGLIMA TNI DALAM RANGKA MENINJAU KESIAPAN SATGAS YONIF 143/TWEJ

E-mail Cetak PDF

PENREM 043/GATAM.
Pada hari Kamis, (21/11), pukul 10.00 WIB, bertempat di Lapangan Batalyon 143/TWEJ, Asops Panglima TNI, Mayjen TNI Ridwan dengan didampingi Kasdam II/Sriwijaya, Brigjen TNI Toto S. Moerasad meninjau kesiapan Satgas Yonif 143/TWEJ dalam rangka Operasi Pamtas RI-Malaysia Kalimantan Barat.
Pada kesempatan tersebut, Asops Panglima TNI, Mayjen TNI Ridwan memberikan pengarahannya kepada para Prajurit  Satgas Yonif 143/TWEJ, bahwa setelah melihat dan mengecek kesiapan latihan pasukan Prajurit  Satgas Yonif 143/TWEJ Pamtas RI-Malaysia, sudah sangat siap, baik dari kesiapan personil  maupun dari  segi  materiil.    Selanjutnya, Asops Panglima TNI  berharap agar Prajurit  Satgas Yonif 143/TWEJ Pamtas RI-Malaysia ini,dapat melaksanakan tugas operasi pengaman dengan baik dan profesional.
Pimpinan TNI AD telah berupaya memberikan dan meningkatkan kemampuan dan kesiapan prajurit yang tergabung dalam Satgas Yonif 143/TWEJ dengan membekali  para prajurit dengan pengetahuan dan keterampilan yang disesuaikan dengan medan dan tugas yang akan dihadapi di lapangan atau daerah penugasan. Berbagai bekal telah diberikan  dengan materi  berbagai pengetahuan adat istiadat penduduk setempat, perkembangan situasi terakhir perbatasan Kalimantan Barat, Hukum Humaniter, HAM, pelaksanaan Binter terbatas, pengetahuan prosedur pengamanan perbatasan sesuai dengan ketentuan Internasional, pengetahuan tentang berbagai jenis patok perbatasan dan prosedur pelaporan serta tindakan yang diambil terkait temuan di lapangan.
Selain itu, berbagai  materi-materi kemiliteran, para prajurit juga telah menerima pembekalan dari instansi  terkait meliputi, materi hukum, keimigrasian, Bea Cukai, Kepolisian dan materi teritorial diantaranya, antropologi, sosiologi masyarakat setempat, pengetahuan agama dan pengetahuan tentang tokoh dan bahasa daerah. Mempelajari berbagai studi kasus  tentang penanganan aksi pembalakan liar, penyelundupan barang terlarang, TKI ilegal dan Human  Traficing  di  wilayah  Kalimantan  Barat. Kalian juga dibekali dengan keterampilan teknik dan taktik Navigasi darat khususnya membaca peta dan penggunaan GPS, teknik berkoordinasi dengan instansi terkait dalam menangani berbagai masalah perbatasan, teknik melaksanakan temu cepat dan lapor cepat,   teknik melaksanakan kegiatan intelijen dan teknik melaksanakan patroli keamanan selama melaksanakan tugas Pamtas utamakan tugas pokok serta berbuatlah yang terbaik bagi satuanmu di tempat tugasmu, dan  harus bangga mendapat kepercayaan dari Negara kepada para prajurit Yonif 143/TWEJ hindari pelanggaran, utamakan keamanan diri selama melaksanakan tugas dan materiil yang dipercayakan kepada para prajurit dan jaga nama baik satuan.
.Turut hadir pada acara kunjungan tersebut, Waasops Kasad, Brigjen TNI George E Supit, Waaslog Panglima TNI Marsma TNI Didi Sumardi, Danrem 043/Gatam, Kolonel Inf Irwan S. Marpaung, Para Asisten Kasdam II/Swj, Dan/Kabalak Kodam II/Swj, para Dandim, Danyonif 143/TWEJ, Dan/Ka Satdisjan Rem 043/Gatam, Para Perwira, Bintara dan Tamtama Satgas Yonif 143/TWEJ. Kegiatan berjalan tertib dan lancar.

You are here: Home