• Galeri Foto
  • Galeri Foto
  • Galeri Foto

KOREM 043/GATAM PERINGARTI HARI JUANG KARTIKA KE-72 TH. 2017

E-mail Cetak PDF
Penrem 043/Gatam.


      Bandar Lampung, Korem 043/Garuda Hitam menggelar upacara peringatan Hari Juang Kartika ke–72 Tahun 2017, Jum’at (15/12) pkl. 08.00 wib, bertempat di Lapangan Saburai Enggal Bandar Lampung. Bertindak selaku inspektur upacara Komandan Korem 043/Gatam Kolonel  Inf Hadi Basuki, S.Sos,M.M, M.Tr (Han).

      Dalam Sambutannya Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal  TNI Mulyono, yang dibacakan Danrem 043/gatam menyampaikan hari ini, tepat 72 tahun yang lalu, para pendahulu kita telah menorehkan catatan yang sangat penting dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, yaitu peristiwa yang dikenal sebagai Palagan Ambarawa. Meski dengan senjata dan perlengkapan yang sangat sederhana, kesatuan-kesatuan Tentara Keamanan Rakyat (TKR), yang merupakan cikal bakal TNI, bersama rakyat berhasil memenangkan pertempuran secara gemilang   dengan memukul mundur tentara Sekutu yang memiliki persenjataan dan kemampuan taktik serta strategi perang yang jauh lebih modern di masa itu. Palagan Ambarawa adalah simbol kemanunggalan TNI AD dan rakyat Indonesia.

       Sebagaimana peringatan Hari Juang Kartika sebelumnya, pada peringatan kali ini juga  dilaksanakan upacara secara terpusat maupun secara tersebar secara sederhana. Selanjutnya, untuk menambah makna peringatan ini, TNI AD juga melaksanakan acara syukuran, ziarah dan Lomba Lari 10 K yang dilaksanakan secara  serentak di seluruh Kodam dan melibatkan  dari berbagai kalangan, Selain itu, dilaksanakan pula berbagai kegiatan bakti sosial seperti pemberian Sembako, santunan kepada Veteran dan Warakawuri, donor darah, khitanan massal, operasi bibir sumbing, operasi katarak dan pengobatan massal.

       Pelaksanaan upacara Hari Juang Kartika di ikuti oleh barisan prajurit dari Gabungan Korem 043/Gatam, Batalyon 143/TWEJ, Barisan Polisi Militer TNI-AD, Lanud Pangeran M Bun Yamin, barisan pasukan brigif 3 Marinir, barisan pasukan Brimob Polda Lampung, barisan PNS Korem 043/Gatam dan barisan Siswa SMU Bandar Lampung.

       Hadir pada kegiatan upacara Hari Juang Kartika, Gubernur Lampung diwakiliu  Sekda Provinsi Lampung Drs Sutono, Kapolda Lampung diwakili Dansat Brimob Kombes Pol Donyak K, Danlanal Lampung Kolonel Laut (P) Kelik haryadi, SH, M.Si, Danbrigif 3 Marinir diwakili Wadan Brigif 3 Mar Letkol Mar Sulistyo, Danlanud M. Bunyamin Letkol Pnb Ahmad Mulyono,  Kepala Kesbangpol Provinsi Lampung Irwan S Marpaung, para Dandim Jajaran Korem 043/Gatam, Para Kasi Korem 043/Gatam, para kabalak jajaran Koreem m043/Gatam, ormas, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

You are here: Home