• Galeri Foto
  • Galeri Foto
  • Galeri Foto

Kodim 0421/Ls Siap Latgab Pramuka Swk Pada Tw Iv Ta 2017

E-mail Cetak PDF
Penrem 043/Gatam

   Kodim 0421/LS  berdasarkan program kerja Triwulan IV Tahun Anggaran  2017 merencanakan kegiatan latihan pramuka gabungan dan pendalaman Krida Saka Wira Kartika (SWK) yang akan diselenggarakan pada tanggal 20 s.d 23 Oktober 2017 di Desa Trimulyo Kec.Tanjung  Bintang Kab. Lampung Selatan yang diikuti  peserta Pramuka SWK Ranting di Koramil jajaran Kodim 0421/LS  ditambah dengan panitia penyelenggara 18/10/17.

Dalam latihan tersebut  masing-masing  anggota SWK Ranting  membawa perlengkapan berupa tenda perorangan dan perlengkapan pramuka, pakaian olah raga dan obat-obatan sesuai kebutuhan serta membawa natura secukupnya. Di lapangan Desa Trimulyo kec. Tanjung Bintang Kab. Lampung Selatan, Peltu Bambang anggota Koramil 421-09/TJB bersama beberapa anggota lainya telah mempersiapkan lapangan yang akan digunakan untuk latihan gabungan pramuka Saka Wira Kartika.
 
Saka atau Satuan Karya Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional. Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara. Di samping Saka Wira Kartika, juga ada saka lainnya yang bersifat nasional seperti Saka Bhayangkara, Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Dirgantara, Saka Kencana, Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, Saka Pariwisata, Saka Kalpataru dan Saka Widya Budaya Bakti.

Saka Wira Kartika dibentuk berdasarkan Keputusan Bersama antara TNI-AD dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor Perkasad 182/X/2007 dan Nomor 199 Tahun 2007 tentang Kerjasama dalam Usaha Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Bela Negara dan Kepramukaan. Diperkuat dengan Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Nomor 13/Munas/2008 tentang Satuan Karya Pramuka Wira Kartika. Dalam pelaksanaannya Saka ini diatur oleh Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 205 Tahun 2009 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Wira Kartika.

You are here: Home